Cara Menghilangkan Spyware | Menghapus pop-up yang terinstall di komputer

Cara Menghilangkan Spyware

Cara Menghilangkan Spyware - Saya sering mendengar banyak orang yang mengeluh karena komputer mereka akhir-akhir ini lambat sekali jalannya dan kebanyakan juga protes karena banyak iklan 'pop-up' yang muncul ketika mereka lagi browsing internet.
Pop-up ini disebabkan oleh program berhasil diinstall di komputer kita yang juga dikenal dengan nama spyware.
Cara Menghilangkan Spyware

Saya sendiri belum pernah mengalami hal ini. Sampai minggu lalu, giliran Computer saya yang kena. Hasilnya seperti anda tahu sendiri, jendela-jendela iklan mulai bermunculan di layar komputer saya. Sampai pop-up itu bermunculan meskipun saya sedang tidak membuka 'browser'. Spyware ini juga sepertinya mengajak teman-temannya untuk kumpul dikomputer saya. Banyak sekali program yang secara otomatis diinstall dikomputer saya.
Saya mencoba untuk meng-scan Computer saya dengan antivirus, memang ada beberapa program yang berhasil dihapus oleh si anti-virus. Tetapi tetap saja tidak memecahkan masalah. Setelah saya teliti ternyata banyak sekali spyware ini yang telah ter-install dalam waktu beberapa hari saja, sehingga tidak mungkin untuk membersihkannya satu persatu. Lagipula sebagian besar spyware ini menggunakan nama file yang mirip dengan system file di komputer kita. Jika tidak dengan teliti membersihkannya maka bisa saja kita salah menghapus file yang diperlukan oleh operating system kita yang malah akan memperburuk situasi.
Bagaimana  Cara Menghilangkan Spyware ?
Banyak program spy removal yang beredar saat ini untuk menanggulangi masalah seperti ini. Tetapi program apa yang paling manjur untuk menghilangkan spyware? Setelah bermain-main dengan mencoba berbagai program spy removal yang ada saat ini, akhirnya saya menemukan Software yang bagus yang dapat meghilangkan semua spyware di komputer saya. Mudah-mudahan ini dapat membantu saudara, apalagi cara ini bisa didapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.
  1. Software pertama adalah SpyBot Search & Destroy. Anda dapat men-download-nya di http://www.safer-networking.org. Install Software ini dan update database-nya dengan menekan tombol 'search for update'. Tekan tombol 'Search for Problems' dan hapus program yang ditemukannya. Reboot komputer anda.
  2. Software yang kedua adalah Ad-aware keluaran Lava-Soft (http://www.lavasoftusa.com). Download free version-nya dan install dikomputer anda. Seperti sebelumnya, update dulu database-nya dan jalankan. Hapus semua program yang ditemukannya dan reboot komputer anda.
Untuk lebih amannya ulang kedua langkah diatas sekali lagi sampai semua spyware yang ada di komputer tidak ditemukan lagi. Anda dapat menjalankan program ini dan meng-update database-nya paling tidak seminggu sekali.

Bagaimana spyware ini bisa sampai di komputer kita?
Program ini bisa sampai di komputer kita karena setting security di komputer kita terlalu rendah. Beberapa langkah dibawah dapat membantu supaya masalah seperti ini tidak terulang kembali:
  1. Hati-hati dengan program-program yang anda install. Banyak program download seperti Kazaa, Imesh dlsb. yang menginstall Software lainnya yang dapat membuat komputer anda lambat dan bahkan dapat mebuat komputer and crash.
  2. Update Computer anda dengan patch yang disediakan Microsoft. Di Internet Explorer, buka Tools > Windows Update > Product Update dan install semua security update yang ada. Penting untuk meng-update security fixes ini secara regular. Update juga Java VM karena banyak juga program yang menggunakannya.
  3. Di Internet Explorer, klik Tools > Internet Options > Security > Internet. Tekan tombol 'default' dan tekan 'OK'. Sekarang tekan 'Custom Level'. Untuk 'ActiveX', pilih 'prompt' untuk 'Download signed and unsigned ActiveX control'. Pilih 'disable' untuk 'Download unsigned ActiveX controls' dan 'Initialize and script ActiveX control'.
  4. Jika anda sedang menggunakan internet, anda mungkin akan ditanya apabila ada Software yang mau di install di komputer anda. Untuk websites yang sudah anda ketahui dan percayai anda dapat memindahkannya ke 'Trusted Zone' di Internet option > security.
Mengapa ActiveX berbahaya sampai anda harus meningkatkan security di komputer anda?
Ketika 'browser' anda menjalankan ActiveX control, ini sama saja dengan memerintahkan komputer anda untuk menjalan program (mengistall Software dsb.). Apakah anda mau menjalankan program tanpa mengetahui program apa itu dan akibatnya bagi komputer anda?
Anda dapat menggunakan fitur 'Immunize' di SpyBot Search & Destroy untuk mencegah website-website yang tidak diinginkan menginstall program di computer anda.
Program yang berfungsi sama yang juga dapat anda install adalah SpywareBlaster dari Javacool (http://www.wilderssecurity.net). Program yang saya rekomendasikan dari Javacool lainnya adalah SpywareGuard. Software ini bekerja seperti anti virus tetapi untuk mencegah spyware. Tidak ada salahnya untuk menginstall Software ini sebagai tambahan antivirus anda. Ada juga website menarik Cara Menghilangkan Spyware dimana anda juga dapat menjalankan security test untuk browser anda di http://www.jasons-toolbox.com.